Berita Bola - Ernesto Valverde mengatakan bahwa kunci kesuksesan Barcelona menekuk Girona dengan skor 3-0 di Estadi Montilivi, adalah penjagaan ketat pemain tuan rumah terhadap Lionel Messi. Hal itu menguntungkan karena pemain lain bisa bergerak dengan leluasa.

Pablo Maffeo, gelandang pinjaman dari Manchester City, menjadi perangko bagi Messi. Ia melakukan tugas penjagaan itu dengan begitu impresif, sehingga mampu menahan hasrat superstar asal Argentina itu menambah pundi-pundi golnya yang saat ini sudah menyentuh angka sembilan.

Dijaganya Messi nampaknya tak terlalu masalah bagi Blaugrana, mereka masih tetap saja tajam seperti biasanya. Satu gol Luis Suarez dan dua gol bunuh diri dari Francisco Aday dan Gorka Iraizoz memberikan enam kemenangan beruntun bagi Azugrana di awal musim ini.

Valverde mengaku puas dengan kinerja anak asuhnya, dan mengatakan bahwa penjagaan ketat yang dilakukan anak-anak Girona kepada Messi sebagai suatu keuntungan ganda.

“Man-marking sangat jelas dan kami harus mencari tempat di mana bisa meletakkan Messi terlepas dari Maffeo, dan untuk mendapat situasi menjadi lebih sering,” tutur Valverde kepada reporter seusai laga.

“Anda harus mengambil keuntungan pada situasi itu. Kami mencoba meraih keadaan lebih baik dari mereka dengan memanfaatkan lebar lapangan dan mengambil keuntungan dari pergerakan Leo,”

“Saya pikir Messi baik-baik saja. Itu benar bahwa ketika Anda dijaga ketat maka bisa menjadi hal yang menyenangkan, tapi itu juga bisa menjadi keuntungan, tidak untuk dia (Messi), tapi untuk tim. Saya pikir dia nyaman dengan itu semua,”

“Itu merupakan sebuah pertandingan yang sulit karena ini adalah derby, karena atmosfer juga tensi tinggi, namun saya rasa kami mampu mengatasinya dengan baik. Mungkin kami ksulitan untuk mengakhiri laga dengan cepat, tapi kami memperoleh kemenangan.”

Messi dan kawan-kawan masih nyaman di posisi puncak dengan enam kemenangan beruntun yang mereka raih, mengoleksi 18 angka meninggalkan Real Madrid musuh bebuyutan mereka di posisi keempat dengan jarak tujuh angka.

Partai selanjutnya, El Barca akan melakoni satu ujian berat kala harus bertandang ke Estadio Jose Alvalede markas dari Sporting Lisbon, dalam lanjutan matchday kedua Liga Champions pertengahan pekan ini. Mereka tentu ingin meneruskan tren positif ini, setelah mereka juga menang di matchday pembuka Champions League menghadapi Juventus, skor akhir 3-0.
Categories: ,
Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!